Jumat, 30 Desember 2011

Canon NP 6650

Canon NP 6650



Mesin foto copy Canon NP 6650 sangat diminati oleh pasar sekitar tahun 1990 hingga 2005. Dan peminat utamanya adalah mereka yang menggeluti usaha copy centre dan perusahaan - perusahaan yang memiliki jumlah kebutuhan copy yang besar. Namun dalam kurun waktu 5-10 tahun terakhir ini, para peminatnya berangsur berkurang dan beralih kemesin Analog lain seperti type NP 6050 dan NP 6551, bahkan mesin Digital seperti IR 5000 dan IR 6000. 

Canon NP 6650 sangat diminati pada masanya karena ketanguhannya dalam melakukan pekerjaan copy untuk jumlah banyak, sparepart yang terhitung awet karena masih banyak menggukan bahan logam atau besi seperti gear dan rantainya. Selain bentuk yang dirancang melebar kesamping memberikan keuntungan jarang terjadinya paper jamp karena alur bergeraknya kertas lebih mendatar, terlihat kertas bergerak dari paper deck yang berada disebelah kanan mesin, tidak seperti mesin-mesin sekarang dimana tempat penyimpanan kertas berada dibawah, sehingga dalam proses copy kertas bergerak berliku menyerupai huruf "C".
Karena design nya yang besar sehingga banyak terdapat ruang kosong di dalam mesin yang sekaligus membuat mesin tidak cepat panas walau digunakan dalam waktu yang lama.
Spesifikasi mesin Canon NP 6650 :
  •  Analog
  •  Photoconductive Material = Drum Assy
  •  Developer System = Toner Projection
  •  Fixing System = Heater Roller
  •  Sped = 50 cpm ( A4 )
  •  Zoom = 50 - 200 %
  •  Paper = A5 - A3
  •  Maximum Copy = 99 Lembar
  •  Kapasitas kertas = 2000 lembar A4
  •  KApasitas By pass tray / Multi Feder = 50 Lembar
  •  Maximum Knsumsi listrik = 1500 watt

Sedikit informasi bila anda hendak memiliki mesin foto copy ini :
  1. Jumlah mesin NP 6650 ini sudah semakin sedikit dipasaran, sehingga utuk hargapun akan lebih tinggi.
  2. Mesin ini sudah sulit untuk di import karena ketersediaan dipasar luar negeri pun jumlahnya sudah minim, selain itu juga terbentur dengan peraturan import dari pemerintah yang membatasi import mesin bekas yang berumur lebih dari 12 tahun.
Dari kedua pertimbangan diatas bila anda meneukan mesin ini dijual dipasaran, ada lemungkinan msin tersebut adalah mesin bekas lokal. Dan satu hal yang perlu diperhatikan adalah layanan purna jual seperti layanan perbaikan dari si penjual.


29 komentar:

  1. Pak, NP6650II kalao bunyi ngik,,ngik,, dibelakang apa yang harus dibenerin ? apa rantai yang kendor bisa di set atau gimana ya Pak,, udah panggil tukang service dak datang2, kemaren saya nekad buka tutup belakang,, liat-liat aja niatnya, trus pemanas saya keluarkan dan saya pasang lagi malah jadi e002.. udah nganggur 2 mingguan,, duh bingung mau tanya kemana / belajar kemana ?

    BalasHapus
  2. pak kalo mesin canon 6650,hasil fotokopiannya kurang terang dan ada bayangannya itu kenapa ya?

    BalasHapus
  3. coba bersihkan wire atas dan bawahnya, atau diganti kalau wirenya sudah hitam untuk hasil yang lebih bagus... untuk bayangannya, coba dicek cl.bladenya.. apakah sudah keras atau belum.. kalo keras, segera ganti dengan yang baru, karena bisa juga cl.bladenya tidak menghapus sisa tinta di drum.. slamat mencoba gan..

    BalasHapus
  4. kalau hasilnya hanya kosong knapa itu pak?

    BalasHapus
  5. itu bisa juga wire corona (atas) dan wire transfer (bawah) nya putus salah satu, atau housing corona atas atau bawahnya short karena kotor terkena debu toner, atau bisa juga housing yang menempel dibagian mesin tertutup toner atau pecah, yang paling parah, bisa juga Board HVT PT nya konslet/short (mati) jadi tidak mengeluarkan tegangan bias untuk wire corona dan wire transfer.

    BalasHapus
  6. pak mesin fc ku canon 6650, kemarin habis untuk fc banyak, sekarang setiap untuk mengkopi, hasil kopiannya di mulai di tengah kertas. jadi margin kopian tidak sesuai aslinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dibersihkan motor clutch registnya pak priyono iram, bila sudah dibersihkan hasilnya sama saja, berarti clutch regist anda sudah lemah.. slamat mencoba.. trimakasih atas kunjungannya..

      Hapus
  7. pak hasil kopian mengecil meskipun keadaan normal / 100 %. mhon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi pak sinar mebel... coba anda cek di bagian lensanya, biasanya ada gear yg menggerakkan lensa pecah atau motor lensanya lemah. Jadi tidak bisa balik ke posisi awal letak lensa.. semoga berhasil. Trimakasih atas kunjungannya. Salam

      Hapus
  8. pak,, kalau hasil copyan tulisan keluar semua,,, namun tulisannya sebagiaterang gelap terang gelap itu penyebabnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicek dibagian developingnya pak ARIEZAFRIANA... ada kemungkinan bearing atau spacer rollnya keras atau tidak muter... smoga bermanfaat pak...

      Hapus
  9. hasil copyan bergaris gmna solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bergarisnya bagaimana mas BUDI...?? lalu garisnya itu hitam atau putih..??? saya kurang faham maksudnya...

      Hapus
  10. saya mau seting mode stand by pada mesin saya lebih lama, tapi saat saya mau klik ok kok tidak bisa,,, mohon bantuanya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mode setting timer itu ada di program, (timer setting) biasanya tersedia pilihan dari 30detik - 2 jam... tinggal dipilih saja, untuk tombol ok nya jika tidak mau dipencet, coba anda cek mikro switch tombol tersebut, bisa kemungkinan karna tombol tersebut rusak, dan jika rusak, bisa diganti sendiri.. banyak kok tersedia di pasaran toko elektronik...

      Hapus
  11. pak .... knapa hasil copy np 6650 II blank hitam padahal corono ga putus

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek lampu scanernya (expose lamp), nyala atau mati, kalo lampu scanernya mati.. ya otomatis.. hasilnya jadi black copy (blank hitam)...

      Hapus
  12. Fcpy sy np 6650 tidak normal gambaranya sbb:
    1. Misal Ngopi 5 lembar; lembar 1 OK/normal (lampu nyala), lembar 2-5 hasil hitam (lampu mati).
    2. Switch sy matikan sya coba lagi lembar 1 OK, lembar 2 dst hasil hitam (lampu mati)
    3. Sy coba ganti lampu dan cek kabelnya normal2 saja tidak putus.
    SOLUSINYA BAGAIMANA PAK, Mohon Penjelasannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang mas santri pitulas... Sudah anda cek kabel harnesnya..?? ( Kabel penghubung lampu expose ke mesin) bisa jadi kabel harnes itu sobek atau putus, untuk lampu expose jarang sekali putus, bisa juga karna terminal lampu hitam atau berkarat... Semoga membantu..

      Hapus
  13. kalo mesin ir 5000 hasilnya mengecil ( panjangnya doang yg mengecil ), kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu menggunakan kertas apa pak anto..?? sudah coba di test dengan test print dari program..?? jika dr test print program gak ada masalah, berarti permasalannya di antara ccd atau scanernya pak, bila dari test print program sama saja (kepotong) bisa juga yg rusak polygonnya pak. smoga membantu, jawaban saya ini, trimakasih atas kunjungannya di blog saya ini.

      Hapus
    2. sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawaban yg bapak berikan,.... progam ccdnya di isi berapa pak?

      Hapus
  14. mesin saya setelah lampu atas mati, sekarang mesinnya juga menjadi tidak bisa hidup,
    itu kenapa ya pak, apa masalah lampunya atau mesinnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi.. Kang Dadang Kurniawan.. Sebenarnya.. Tidak ada sangkut paut antara lampu expose atau lampu atas mati, mesin menjadi mati.. Coba anda cek Dî bagian travo step downnya, atau Dî bagian power suplaynya.. Karna jika lampu atas mati, hasil hanya akan menjadi black copy.. Bukan menjadikan mesin anda mati...

      Hapus
  15. @ anto okey.. Sebenarnya nilai Dî ccd.. Itu sudah terprogram.. Jika memang yg rusak ccd nya.. Silahkan anda service.. Atau anda ganti dengan yg baru...

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. pak,,, kalo kertasnya nyelip di rol keluar / agak ke samping kiri, gimana cara mengembalikan biar posisi keluarnya bisa center lg, soalnya kl udah nyelip kertas berikut gk bisa jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore mas Budi sarjono... coba bersihkan dibagian tanjakan sebelum masuk rol pemanas, lalu coba cek di bagian pemanasnya, apakah bushing uppernya pecah atau habis, kalo pecah dan habis, segera ganti bushingnya. Atau coba di stel kerapatan lowernya agar center kembali.. semoga dapat membantu..

      Hapus
  18. Pak klo np5060 hasil copian ada garis putih diblakang skitar 2cm apanya yg rusak ? Klo untuk copian LGL..

    BalasHapus