Minggu, 01 Januari 2012

Apa itu Error Kode ?

Apa bedanya Trouble Shooting dengan Error Code? Apa itu Error Code ( kode error ) Apa arti kode E dengan beberapa digit angka dibelakangnya? Apa bedanya Error Code pada mesin foto copy canon analog dan digital? Sebagai pengguna mesin foto copy canon, tidak ada salahnya bila kita mempelajari atau setidaknya mengetahui sedikit tentang Kode-kode Error (errir codes) pada mesin foto copy merek canon.

Trouble shooting adalah suatu bentuk antisipasi atau penyelesaoan atas beberapa masalah yang sering timbul pada mesin foto foto copy yang sikarenakan kesalahan penggunaan mesin. Maka Error Code (kode error) adalah petunjuk yang diinformasilan oleh mesin itu sendiri ketika mendeteksi adanya kerusakan atau ketidak laziman yang terjadi di dalam mesin itu sendiri. Petunjuk tersebut diinformasikan kepada pengguna dengan bentuk kode yang terdiri dari satu huruf E yang diikuti dengan beberapa digit angka dibelakangnya, dan kode error tersebut ditampilkan pada monitor yang ada pada control panel mesin itu serta diikuti dengan bunyi error yang spesifik.

Tampilan Kode Error tersebut untul mesin foto copy analog masih menggunakan 3 digit angka, sedangkan untuk mesin foto copy digital telah berkembang menjadi 6 digit angka dilanjutkan 4 digit angka lagi yang menunjukkan hasil deteksi mesin. Contoh kode error pada mesin Analog E010, bila pada mesin digital bisa berupa E000010-000 atau E000010-001. Intinya angka digit yang lebih banyak yang ditampilkan pada mein digital, memberikan petunjuk hasil deteksi yang lebih spesifik. Dengan kode tersebut pengguna atau tenaga teknisi dapat lebih mudah dan terarah untuk memperbaiki keadaan tersebut.

Beberapa kemungkinan dari Kode Error (Error Code) yang timbul :
  • Ada komponen yang rusak atay tidak berfungsi dengan baik.
  • Ada komponen (consumable Part) yang habis dan harus diganti dengan yang baru.
  • Hanya semacam peringatan dini.
  • Adanya konsleting.
  • Adanya koneksi yang terputus atau tidak terhubung dengan benar.
  • Ada bagian yang kotor sehingga menutupi/menghalangi sensor.
Masing-masing angka pada kode error tersebut menunjukkan kepada pengguna atau tenaga teknisi, bagian-bagian mana yang mengalami kerusakkan atau ketidak laziman.

Saya sedang membuat daftar kode error yang disertai penjelasan dan cara penyelesaiannya. Semua berdasarkan pengalaman pengalaman yang pernah saya hadapi. Untul mendapatkan update daftar kode error, anda bisa terus mengikuti  blog ini. Agar anda tidak ketinggalan dengan informasi kode error yang sedang saya persiapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar